Diagonal Select - Hello Kitty 2

Minggu, 18 Maret 2012

Jenis – Jenis Pembayaran Pindahan

Diposting oleh Rr.Raharjeng TW (ajeng) di 06.02


Pengeluaran pemerintah yang dapat digolongkan sebagai pembayaran pindahkan antar lain adalah bantuan – bantuan yang diberikan kepada para penganggur, uang pensiun yang dibayarkan kepada pegawai pemerintah yang tidak bekerja lagi, bantuan- bantuan kepada orang cacat, bantuan kepada veteran dan berbagai beasiswa yang diberikan pemerintah. Penerima – penerima berbagai jenis pendapatan ini tidak perlu melakukan sesuatu pekerjaan apa pun untuk memperoleh bantuan – bantuan tersebut. Dengan demikian pembayaran itu bukanlah pendapatan yang tercipta sebagai akibat dari penggunaan sesuatu jenis factor produksi dalam kegiatan produktif.
         Di dalam penghitungan pendapatan nasional terdapat pula satu bentuk lain dari pembayaran pindahan, dan ia lebih lazim disebut dengan istilah subsidi atau bantuan, yaitu bantuan pemerintah kepada perusahaan-perusahaan yang penting artinya dalam perekonomian’dan bantuan kepada para petani. Di banyak Negara maju para petani dibantu oleh pemerintahdengan cara memberikan pembayaran tambahan kepada mereka apabila harga penjualan produksi mereka di pasar sangat rendah. Subsidi atau bantuan seperti ini tidak tergolong sebagai pembayaran pindahan karena penerima subsidi telah melakukan kegiatan yang produktif dan factor inilah yang menyebabkan mereka memperoleh bantuan – bantuan pemerintah yang diberikan kepada mereka.
        

Oleh sebab itu,berbeda dengan pembayaran pindahan yang disebutkan terdahulu,subsidi seperti yang diberikan kepada para petani tersebut termasuk dalam pendapatan nasional. Subsidi yang diterima oleh perusahaan – perusahaan dan para petai dari pemerintah termasuk dalam pendapatan nasional yang dihitung menurut harga factor. Apabila sesuatu perusahaan menerima subsidi dari pemerintah maka subsidi ini pada akhirnya akan diterima oleh factor – factor produksi yang digunakan oleh perusahaan itu. Dengan demikian pada akhirnya subsidi tersebut akan merupakan pendapatan nasional. Ini berarti subsidi bukan saja termasuk dalam pendapatan pribadi tetapi juga termasuk dalam pendapatan nasional.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rr.Raharjeng TW's bLog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review